Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri, Ini Mungkin yang Anda Cari

Bimtek Keuangan

Membangun sumber daya manusis (SDM) Indonesia tidak cukup bila hanya mengandalkan pendidikan formal di sekolah. Akan tetapi perlu ada lembaga-lembaga khusus seperti lembaga bimtek atau pelatihan yang nantinya bisa dijadikan wadah untuk menyalurkan bakat terpendam yang masih belum matang di bangku sekolah. Lembaga-lembaga nonformal yang menyediakan bimtek dan pelatihan memang sangat diperlukan dalam rangka mengkader manusia Indonesia yang kreatif, produktif, dan inovatif.

Sebagaimana yang diketahui SDM merupakan tonggak kemajuan dan kemandirian sebuah bangsa. Bagaimana jadinya bila suatu negara digerakkan oleh orang-orang yang tidak kompeten. Tentu saja akan banyak kendala yang dihadapi akibat minimnya SDM. Kurang inovatifnya para pimpinan dan pegawai di lembaga tertentu akan membuat sebuah organisasi menjadi oleng.

Maraknya kasus-kasus korupsi dan nepotisme juga merupakan akibat dari kecerobohan-kecerobohan yang bersifat administrasi, dan menjadi indikasi dari SDM yang bobrok.

Nah, untuk mejawab kebutuhan SDM yang kreatif, produktif, dan inovatif di tanah air, kini telah hadir Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri (PUSDIKLAT PEMENDAGRI). Adalah sebuah lembaga nonformal yang menyediakan Info Bimtek dan berbagai diklat.

Pusdiklat Pemendagri bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan produktifitas SDM dan mensosialisasikan serta mensinkronisasikan antara kebijakan pemerintah dengan dunia industri dalam bentuk bimtek atau pelatihan, begitupun sebaliknya pelaku industri dapat memberikan masukan dan kontribusi kepada pemerintah.

Sebagai mana yang tertuang dalam Visi  Pusdiklat Pemendagri yakni mewujudkan peningkatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkelanjutan, serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif, dengan didukung sumber daya aparatur yang profesional. serta mencerminkan suatu keinginan dan cita-cita untuk menjadi yang terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai motor penggerak perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke arah yang lebih baik, serta cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan motivator untuk menjadi semakin baik, yang harus disinergikan dengan elemen penggerak lainnya dalam suatu kesisteman yang utuh.

Sementara misi Pusdiklat Pemendagri adalah sebagai berikut.


Ada pun materi Bimtek dan Diklat yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Pemendagri yakni:
1. Pelatihan DPRD
2. Pelatihan Desa/Lurah/Camat
3. Pelatihan Keuangan
4. Pelatihan Kepegawaian
5. Pelatihan Barang dan Aset
6. Pelatihan Pemerintahan Daerah
7. Pelatihan Barang/Jasa Pemerintah
8. Pelatihan Kearsipan
9. Pelatihan Kesehatan & Rumah Sakit
10. Pelatihan Perpajakan
11. Pelatihan Penanaman Modal
12. Pelatihan UKM / UMKM
13. Pelatihan SATPOL PP
14. Pelatihan Kependudukan dan Capil
15. Pelatihan Perusahaan/BUMD/BUMN, dan
16. Pelatihan Bidang Hukum

Lokasi Diklat sudah bisa dilaksanakan di beberapa kota besar di seluruh tanah air antara lain Jakarta, Bandung, Bali, Batam, Lombok, Makassar, Medan, Malang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Adapun Jadwal Diklat dan Jadwal Bimtek dapat Anda lihat langsung di situs resmi Pusdiklat Pemendagri

Dan untuk berkomunikasi langsung dengan Pusdiklat Pemendagri Anda bisa menghubungi nomor telepon atau pun e-mail yang tertera di bawah ini.

Pusdiklat Pemendagri

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Review 4248168578236203103

Kabar Terbaru

item