7 Guru Blogger Ini Bisa Menjadi Inspirasi Bagi Guru Masa Kini

Pernahkah Anda mendengar istilah Guru Go Blog? (bukan goblok). Pernah kan? Tentu saja guru Go Blog yang dimaksudkan di sini bukanlah guru yang tersemat padanya kekurangan, atau sebut saja (maaf) guru yang kurang menguasai materi pembelajaran,  atau pun guru yang kurang mampu menguasai keadaan atau kelas. Tapi guru Go Blog yang dimaksudkan di sini adalah guru yang kreatif dan inovatif, yakni guru yang berusaha menggali potensi dirinya khususnya di bidang teknologi informatika.

Guru Go Blog adalah istilah yang memang sering kita dengar di dunia maya yang maksudnya adalah guru yang pekerjaannya mengajar sambil ngeblog (menulis di blog).

Dan ternyata ada banyak guru di Indonesia ini yang sukses menjadi blogger.

Guru ngeblog bukan berarti mereka meninggalkan tugas utamanya sebagai guru. Justeru mereka semakin menempa diri. Mereka menulis di blog pada waktu-waktu senggang. Mereka mentransfer ilmunya lewat blog, atau sekedar membagikan informasi penting seputar pendidikan. Mereka pun bisa berinteraksi langsung melalui blog dengan orang-orang yang jauh lebih besar jumlahnya daripada jumlah murid di dalam kelas.

Selain itu, Guru yang ngeblog juga bisa menghasilkan pundi-pundi keuangan kan. Sudah barang tentu akan membuat dapur rumah tangga para guru blogger sukses tak pernah berhenti mengepul.

Nah, pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi tentang siapa saja guru-guru inpiratif kita di tanah air yang sudah benar-benar sukses menjadi blogger. Yuk kita lihat siapa mereka.

1. AINA MULYANA
ainamulyana

Nama blog: ainamulyana.blogspot.com
Ranking Alexa Global (April 2019): 10.955
Niche: Pendidikan, yakni informasi seputar materi PKN, tutorial, wawasan guru, sertifikasi, info lomba, soal-soal ujian dll.

Berdasarkan informasi yang saya telisik di dunia maya, beliau ini adalah seorang pengawas SMP di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kabupaten Pandeglang. Beliau juga juga adalah seorang guru yang mengajar mata pelajaran PKN.

Siapa pun akan tercengang bila melihat blog beliau yang begitu pesat perkembangannya. Padahal cuma blog gratisan yakni menggunakan blogspot. Saat artikel ini ditulis, statistik yang tertera pada blognya sudah menembus angka 224.315.213 (11/04/2019).

Hadeuh, ngiler dech!
Kalau pengunjung segitu penghasilannya berapa ya?

2. MUH. ZUHRI
zuhriindonesia

Nama blog: zuhriindonesia.blogspot.com
Rangkin Alexa Global: 63,118
Beridiri sejak Februari 2013
Niche: Pendidikan seputar mapel Bahasa Indonesia, dan informasi umum.

Hanya sedikit informasi tentang identitas pemilik blog ini. Namun yang jelas blog ini termasuk blog guru yang terbaik saat ini. Dilihat dari tanggal posting, blog ini sangat update, khususnya menyangkut materi-materi pelajaran bahasa Indonesia.

3. UNANG NUANSAH

Nama blog: www.datadikdasmen.com
Rangking Alexa Global: 74.442
Mengajar: di SDN Gabuswetan II Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu

Guru honorer ini juga sukses di dunia blogging dengan membuat blog yang bernuansa pendidikan. Berkat seorang Kang Didno, Unang Nuansah berhasil membuat blognya datadikdasmen.com kebanjiran pengunjung hingga dalam satu hari pengunjungnya bisa tembus 10.000,- bahkan 100.000.

4. NURUL HIDAYAH

Nama blog: nurulhidayah.net
Rangking alexa global:  83.493
Alamat KTP : Desa Centini RT 2 RW 8 Laren  Lamongan Jawa Timur
Tinggal : di Bojonegoro

Ternyata ibu guru juga tidak ketinggalan nih. Guru yang gemar menulis di blog ini telah beberapa kali memenangkan beberapa even seputar dunia blogging, antara lain sbb.
Juara 1 lomba blog yang diadakan HD Pras Center
Juara 3 blogger guru yang diadakan relawan TIK Bojonegoro
Juara 3 lomba blog bebas bayar
Juara 3 lomba blog yang diadakan oleh airul

Selain kejuaraan itu, guru blogger ini juga menerima beberapa kali riview yang lumayan bergengsi seperti traveloka dll.

Wah, hebat ya. Perlu diikuti jejaknya oleh guru-guru wanita Indonesia.

5. DENI RENOPATI
deni renopati

Nama blog: gurusd.web.id
Rangking alexa global: 157,498
Guru Sekolah Dasar Negeri 1 Nawin Hilir, Kecamatan Haruai, Tabalong, Kalimantan Selatan

Guru blogger yang satu ini pernah mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena telah berhasil membuat blog yang berisi materi dan media pembelajaran bagi sekolah dasar dengan berbasis teknologi informasi.

Berdasarkan berita yang saya baca di Kompas, guru muda ini bisa meraup hingga 2 ribu dolar AS atau sekitar Rp.30 juta setiap bulannya hanya dari blog.

6. YUPITER PRADESKA
yupiter predeska

Nama blog: guru-id.com
Peringkat Alexa Global:  190.927

Kabar-kabar terkini tentang dunia pendidikan sangat cepat ditemukan di sini. Blog dengan nama “Info Guru Indonesi” ini  memang cukup update masalah aplikasi guru, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, info PNS, soal ulangan , dll.

7. AMIROH
amiroh

Nama Blog: amiroh.web.id
Tempat mengajar: SMK Negeri 3 Jombang

Lagi-lagi guru wanita, Amiroh atau nama lengkapnya Amiroh, S,Kom., M.Kom, adalah seorang guru yang memiliki ketertarikan khusus pada pengembangan media pembelajaran berbasis TIK, baik berbasis web maupun mobile android.

Peraih juara I “Blog Pembelajaran Bagi Guru”  ini Aktif dalam peningkatan SDM guru di bindang TIK dengan menjadi instruktur di sekolah maupun di lingkungan Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten dan Provinsi di Jawa Timur.

Guru yang berparas cantik (ehm..) ini juga aktif menulis tentang pemanfaat TIK untuk pembelajaran di blog pribadinya dan beberapa tulisan telah dipublikasikan dalam bentuk buku yang menjadi panduan guru Indonesia dalam mengembangkan media pembelajaran di sekolah.

Nah, bagaimana Bapak/Ibu Guru, apakah Anda siap menjadi Guru Go Blog juga? Anda bisa mengikuti panduan membuat blog gratisan pada artikel: Cara Membuat Blog Gratis Terbaru dengan Blogspot

Demikianlah artikel saya tentang 7 Guru Blogger yang Bisa Menjadi Inspirasi Bagi Guru Masa Kini.

Tentu saja masih banyak guru-guru blogger yang mungkin jauh lebih sukses selain yang sudah saya sebutkan tadi. Namun ini hanya sebagai sampel bahwa guru juga bisa sukses di ranah teknologi informasi.

Semangat guru Indonesia.

LihatTutupKomentar