4 Menu Praktis Buka Puasa dan Super Hemat untuk Tanggal Tua

Menu Praktis Buka Puasa

Berpuasa di tanggal tua mungkin akan terasa berbeda dibandingkan dengan puasa di tanggal muda bukan? Pada tanggal tua ini Anda diharuskan untuk lebih hemat, sehingga wajib menentukan menu praktis buka puasa sekaligus hemat. Sebelum waktu itu tiba dan Anda berbuka dengan menu seadanya, kini ada beberapa jenis menu yang bisa Anda pakai.

Baca juga: Menu Takjil yang Mudah Dibuat. Bisa Langsung Anda Buat Hari Ini

Di jamin selain hemat, beberapa menu ini tidak akan membuat Anda kerepotan alias praktis. Kira-kira menu apa saja ya yang bisa hemat sebagai teman di tanggal tua? Penasaran bukan? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Ikan Lele Goreng Lengkap dengan Sambal Tomat

Menu buka praktis dan hemat yang pertama adalah ikan lele lengkap dengan sambal tomat. Menu satu ini akan sangat mudah Anda temukan di para pedagang kaki lima yang ada di pinggiran jalan.
Paket lengkap lele dengan nasi dan sambal beserta lalapan biasanya akan dibanderol dengan kisaran harga Rp. 10.000 saja. Bayangkan jika Anda memasaknya sendiri pasti lebih murah. Anda hanya perlu mencuci dan memberi bumbu kemudian digoreng saja. Bagaimana praktis bukan?

2. Nasi Goreng Telur
Nasi goreng pada dasarnya menjadi menu makan yang sangat fleksibel. Mengapa fleksibel? Pasalnya nasi goreng dapat Anda nikmati kapan saja, baik itu pada saat pagi hari maupun malam hari. Nasi goreng pun sepertinya sangat cocok untuk Anda jadikan menu praktis buka puasa sekaligus hemat.
Bahan-bahan dalam membuat nasi goreng juga sangat mudah bahkan hampir ada pada dapur Anda yakni nasi putih, bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, merica, kecap manis, garam secukupnya, telur, serta minyak goreng.

Namun, Anda pun dapat menambahkan lauk misalnya dengan potongan ayam maupun bakso sapi. Perkiraan anggaran untuk memasak satu porsi nasi goreng lengkap dengan telur hanya sekitar  Rp. 7000.

Lihat juga: Resep Makanan Takjil Ramadhan. Anti Ribet Dengan Bahan Serba Murah

3. Pecel
Bagi Anda yang berasal dari kawasan Jawa Timur mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini. Rasa ataupun tampilan dari pecel pada dasarnya sangat mirip dengan makanan khas Jawa Barat yakni karedok. Kali ini Anda juga bisa menjadikan pecel sebagai menu praktis buka puasa yang hemat sekaligus menyehatkan.

Cara masaknya sangat mudah Anda hanya perlu menyiapkan beberapa jenis sayuran sayuran, seperti kangkung, tauge, serta kacang panjang. Jika semuanya sudah siap, maka seduh bumbu pecel yang sebelumnya sudah Anda beli dari toko. Rebus sayuran yang ada sampai matang, kemudian larutkan bumbu pecel menggunakan air hangat.

4. Tahu-Tempe Goreng dan Sambal Kecap

Anda sepertinya akan setuju jika makanan satu ini masuk pada daftar jajaran menu praktis buka puasa sekaligus murah. Ya, tahu maupun tempe goreng merupakan makanan khas dari Indonesia dengan harga sangat murah.

Namun, siapa sangka tempe dijual pada kawasan Inggris bisa dibanderol dengan kisaran harga Rp. 250.000. Fantastis bukan? Oleh sebab itu, selagi Anda bisa menikmati tahu maupun tempe goreng harga murah, maka tidak ada salahnya untuk dijadikan menu yang paling nikmat namun praktis.

Mengolah tahu dan tempe goreng tergolong sangat mudah. Tahu maupun tempe mentah harus direndam dulu ke dalam air garam serta bawang putih paling tidak selama beberapa menit. Jika sudah, goreng tahu serta tempe dengan minyak panas sampai warnanya kekuningan. Sajikan tahu-tempe goreng serta sambal kecap untuk menu buka puasa bersama keluarga.

Kini Anda tidak perlu takut lagi tanggal tua tidak bisa makan dengan menu buka puasa yang hemat. Di atas ada beberapa daftar menu praktis buka puasa dan juga hemat, Anda bisa memilih salah satu yang paling disukai. Selamat mencoba!

Oleh: Kak Venicka AP
LihatTutupKomentar