Inspirasi Menu Sahur Praktis dan Mampu Menjaga Cairan Tubuh

menu sahur praktis

Ibadah puasa adalah ibadah wajib bagi para umat muslim yang hanya ada satu tahun satu kali. Sebagai bulan yang istimewa, semua umat muslim akan saling berlomba untuk dalam melakukan kewajibannya. Dengan begitu, Anda juga perlu berhati-hati saat menjalankan ibadah puasa agar puasa selalu lancar.

Baca juga: 4 Menu Praktis Buka Puasa dan Super Hemat untuk Tanggal Tua

Kira-kira bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Pasalnya jika dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh akan cepat lelah dan akan mengganggu puasa. Nah di bawah ini ada beberapa inspirasi menu sahur praktis yang bisa Anda buat agar terhindar dari dehidrasi.

1. Sayur Bening Bayam
Salah satu jenis sayuran yang bisa Anda gunakan untuk memasak menu yang pertama ini adalah sayur bayam. Selain segar bayam yang dimasak dengan jagung juga akan menjadi sumber mineral dan vitamin untuk tubuh. Bahkan kuah sayur bening yang diminum saat sahur juga bisa menjaga cairan yang ada pada tubuh.

2. Nasi Pecel
Nasi pecel biasa memiliki beragam isi sayuran yang mana sangat baik bagi tubuh, Selain itu nasi pecel juga dilengkapi dengan beberapa bahan lainnya yang mana mengandung zat protein tinggi seperti tempe, tahu, serta saus kacang. Campuran bahan makanan tersebut bisa menjaga tubuh supaya tetap kuat ketika Anda menjalani puasa. Tentu saja Anda pun akan terhindar akan masalah dehidrasi.

3. Soto Ayam
Soto ayam adalah salah satu je inspirasi menu sahur praktis dengan cita rasa lezat dan bergizi. Menu ini juga sangat cocok untuk santap sahur. Kuah soto nantinya akan menambah cairan pada tubuh, begitu juga dengan sayuran yang mana terdapat pada soto ayam, misalnya kol dan tomat.

4. Salad Timun, Tomat, dan Alpukat

Resep salad adalah menu yang paling praktis namun rasanya sangat mantap. Anda pun tidak perlu kerepotan karena hanya memotong-motong sayuran saja seperti salad pada umumnya kemudian membumbuinya menggunakan air lemon, garam, lada serta minyak zaitun.

Mungkin saja Anda memang tidak akan kenyang jika hanya sahur dengan menu satu salad saja. Tenang saja Anda tidak perlu merasa khawatir sebab salad kali ini bisa dijadikan sebagai salah satu hidangan samping.

5. Smoothies Bowl
Meskipun dapat disantap sebagai salah satu inspirasi menu sahur praktis dalam minuman. Smoothies sepertinya juga dapat Anda dijadikan untuk hidangan makanan. Tambahkan  bahan granola maupun kacang almond yang ada di atasnya akan menjadikan semuanya terasa lebih lezat.

Menu lezat yang satu ini bukan sekadar memberikan cita rasa enak saja namun juga sangat bergizi. Selain itu, vitamin dan mineral yang berasal dari buah-buahan pun akan membuat Anda tetap segar selama berpuasa sepanjang hari.

6. Sup Ayam Jahe
Sup sehat kali ini dibuat dari satu ekor ayam serta berbagai jenis sayuran, misalnya wortel serta kentang. Resep istimewa dari sup ayam terletak di bumbu jahe. Jahe juga dikenal sangat baik bagi tubuh Anda dan pastinya juga bisa membantu Anda menyegarkan serta menguatkan tubuh saat berpuasa.

7. Sandwich Alpukat

Inspirasi menu sahur praktis yang terakhir ini tidak akan membuat Anda merasa kerepotan. Anda hanya perlu menyiapkan roti serta sayuran misalnya timun, tomat, serta buah alpukat. Hummus yang terdapat di atas juga bisa Anda ganti menggunakan mayonaise maupun keju. Sandwich segar ini dapat membantu Anda menjaga tubuh agar tidak merasa dehidrasi sepanjang puasa.

Kini Anda tidak perlu lagi takut kekurangan cairan saat berbuka puasa, sebab inspirasi menu sahur praktis selain mudah juga akan membantu Anda menjaga tubuh dari kekurangan cairan.


Oleh: Kak Venicka AP

Artikel Terkait

Tips Ramadhan 4984215380571707991

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun dan bermartabat.

emo-but-icon

Kabar Terbaru

item