Intip Menu Buka Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan

Menu Buka Puasa Sehat

Pasca menjalankan ibadah puasa harian, mungkin Anda akan membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk mendukung kesehatan tubuh. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir sebab bulan puasa sebenarnya bisa dijadikan sebagai waktu yang paling tepat sebagai cara memulai hidup yang sehat.

Dalam hal ini Anda wajib mengonsumsi beberapa jenis makanan yang sehat baik itu waktu sahur ataupun berbuka puasa. Namun karena sudah lapar terkadang hal ini banyak diabaikan terutama saat buka puasa. Di bawah ini ada beberapa menu buka puasa sehat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk keluarga tersayang.

1. Kurma
Kurma pada dasarnya bisa menjadi pilihan untuk menu buka puasa yang sehat sekaligus praktis. Buah kurma bahkan juga jadi sunah dari Rasulullah dalam menu berbuka puasa. Buah satu ini menyimpan cukup banyak kandungan zat besi, gula bersifat alami, serat, serta mineral yang mana sangat baik untuk tubuh.

Bagi Anda yang kerap menderita sakit kepala maupun pusing ketika menjalankan ibadah puasa, mungkin hal yang satu ini disebabkan karena kandungan kadar gula dalam darah tergolong rendah. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk makan buah kurma paling tidak tiga biji kurma saat berbuka puasa.

2. Oatmeal
Oatmeal mempunyai kandungan dengan serat yang cukup banyak sehingga akan membuat rasa kenyang terasa lebih cepat dibandingkan makan dengan menu lainnya. Menu ini bahkan juga bagus bagi Anda yang saat ini sedang melakukan program diet.

Memilih oatmeal untuk menu buka puasa sehat adalah cara yang paling tepat. Sebab tidak hanya sehat saja namun juga sangat praktis. Anda juga bisa menambahkan campuran buah-buahan yang segar, madu, serta susu rendah lemak. Semuanya bahan tersebut bisa Anda gunakan untuk memperoleh rasa lebih beragam.

3. Kolak Umbi
Selain beberapa menu yang ada di atas kali ini Anda juga bisa mencoba menu yang unik dan mungkin juga jarang ditemukan. Hanya menu kolak. Namun jika biasanya dibuat dari pisang atau bahan lainnya, kali ini hal yang unik adalah kolak dibuat dengan isi umbi.

Kolak umbi? Ya kolak umbi juga bisa Anda dijadikan menu takjil buka puasa yang sehat dan juga praktis dalam memasak. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada ubi juga bisa mengembalikan tenaga setelah terkuras habis seharian berpuasa.

4. Sup
Sup adalah menu buka puasa sehat selanjutnya yang bisa Anda coba. Sup ada beberapa macam isi yang mana bisa Anda sesuaikan dengan selera. Makanan yang berasal dari sayuran segar ini dapat Anda kreasikan serta ditambah menggunakan daging ayam, bakso, sayur jamur, dan beberapa bahan lainnya.

Sup ini memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai kandungan untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

5. Kelapa Muda

Kelapa muda juga bisa Anda jadikan pilihan menu buka puasa sehat yang paling mudah sebagai pelepas dahaga setelah seharian berpuasa. Kandungan air yang ada pada kelapa muda dapat mengambalikan ion tubuh yang mana sempat hilang selama menjalankan puasa seharian.

Anda pun dapat mencampurkan buah kelapa dengan es supaya terasa lebih segar. Sebagai pemanis Anda pun bisa menambahkan gula merah.

6. Ikan Bakar
Memilih ikan bakar untuk menu buka puasa adalah hal yang sangat bagus jika Anda adalah pelaku diet. Ikan adalah lauk rendah lemak. Jangan membakar ikan terlalu gosong, sebab makanan yang gosong bisa menjadi penyebab dari risiko penyakit kanker yang lebih tinggi.

Memilih hanya menu sahur saja yang perlu untuk Anda perhatikan namun menu buka puasa sehat harus diperhatikan. Anda juga bisa memasak menu buka puasa seperti di atas dan menghidangkannya sesuai dengan selera. Selamat memasak semoga bermanfaat.


Oleh: Kak Venicka AP.
LihatTutupKomentar