Jenis-jenis Makanan yang Baik Untuk Buka dan Sahur

Jenis-jenis Makanan yang Baik Untuk Buka dan Sahur

Bulan Ramadhan sering kali dijadikan oleh banyak orang sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga. Bahkan tak jarang momen ini juga digunakan untuk menikmati berbagai macam sajian makanan yang baik untuk buka dan sahur.

Pada saat-saat ini pasti akan terpikir banyak makan yang akan dikonsumsi setelah 14 jam menjalani ibadah puasa. Namun seperti yang telah dijelaskan sejak awal tubuh akan tetap sehat apabila menyantap makanan yang baik dan juga sehat saat buka dan sahur. Kira-kira menu apa saja ya yang bisa Anda coba? Langsung saja intip ulasannya di bawah ini!

1. Menu Makan untuk Sahur

Menu Sahur tentunya harus sehat. Pasalnya pada kondisi makanan yang dikonsumsi wajib mampu menyediakan sumber energi cukup agar bisa bertahan selama berjam-jam ketika Anda berpuasa. Beberapa menu untuk sahur di sini seperti di bawah ini:

a. Buah-Buahan dan Sayuran
Buah-buahan serta sayuran adalah bahan makanan yang mengandung banyak serat, buah-buahan dan sayuran sangat penting untuk dikonsumsi Anda ketikan menjalankan ibadah puasa karena bisa meningkatkan rasa kenyang serta membantu mencegah sembelit.

Selain itu, kedua bahan ini juga memiliki kandungan vitamin, mineral serta fitokimia yang tentunya sangat penting bagi kesehatan.

b. Beras atau Makanan Karbohidrat Lainnya
Makanan yang baik untuk buka dan sahur yang selanjutnya adalah makanan berkarbohidrat. Karbohidrat yang tinggi serat misalnya beras merah serta roti gandum membutuhkan cukup banyak waktu untuk dicerna, sehingga akan membantu Anda mempertahankan energi lebih lama selama berpuasa.

c. Daging dan sumber protein lainnya
Ayam tanpa adanya bagian kulit, ikan serta produk susu rendah lemak merupakan sumber protein yang bagus sebagai makanan yang baik untuk buka dan sahur. Dengan makan beberapa jenis makanan tinggi protein nantinya akan membatasi asupan lemak.

Selain itu juga, makanan tinggi protein akan membantu Anda memperbaiki serta membentuk jaringan tubuh. Bukan hanya itu saja namun juga bisa membangun sistem kekebalan dari tubuh Anda.

d. Mengonsumsi Produk Susu Tinggi Kalsium
Mengkonsumsi jenis produk susu yang tinggi akan kalsium ternyata juga bisa membantu Anda mempertahankan tulang dengan kuat. Bagi Anda yang alergi akan laktosa maka bisa memilih susu bebas laktosa maupun susu kedelai dengan kalsium.

2. Menu untuk Berbuka Puasa
Berbuka puasa menjadi waktu dimana nantinya  Anda akan mengisi kembali energi hilang selama berpuasa jadi diperlukan makanan yang berasal dari semua kelompok jenis makanan utama: seperti halnya buah serta sayuran, nasi, dan daging termasuk juga susu. Berikut makanan yang baik untuk buka dan sahur:

a. Buah dan Sayuran
Anda yang berpuasa direkomendasikan untuk mengonsumsi dua porsi sayuran dan dua porsi buah setiap harinya. Dengan begitu Anda wajib mengonsumsi masing-masing setidaknya satu porsi buah dengan satu porsi sayuran selama dua kali makan.

Selama bulan Ramadhan buah kurma bisa jadi makanan wajib di mana sering dikonsumsi. Selain menjadi sumber energi baik, kurma kaya akan kandungan kalium sehingga bisa  membantu otot serta saraf dapat berfungsi secara baik. Namun jangan banyak mengkonsumsi kurma juga sebab kurma tinggi gula.

b. Beras dan Karbohidrat Lainnya
Roti gandum, beras merah dan mie gandum merupakan makanan dengan karbohidrat kompleks serta bisa memberikan tubuh energi. Selain itu juga kata akan serat dan juga mineral. Dibandingkan makanan manis atau makanan penutup terbakar secara cepat, karbohidrat kompleks bisa memberikan energi lebih stabil serta bertahan lama.

Tunggu apalagi, di atas adalah makanan yang baik untuk buka dan sahur. Anda yang tidak ingin jalannya puasa terganggu maka sebaiknya perhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi seperti di atas sehingga tubuh akan selalu sehat seperti biasanya.
LihatTutupKomentar