Anti Mainstream, Ini Lho Beberapa Makanan yang Cocok Buat Takjil

Makanan yang Cocok Buat Takjil

Ketika berpuasa, tak lengkap rasanya jika Anda tidak melakukan kegiatan sore yakni ngabuburit. Jika Anda berjalan-jalan menjelang buka puasa, akan banyak orang yang meluangkan waktunya untuk kegiatan serupa. Selain untuk menyegarkan pikiran dari penatnya bekerja seharian, Anda juga bisa mencari aneka makanan yang cocok buat takjil. Bukan hanya untuk dikonsumsi sendiri, Anda pun bisa memberikannya pada sesama.

Lalu, apa sih jajanan yang biasa digunakan sebagai menu takjil? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Kue Apem
Kue kukus yang terbuat dari tepung beras ini seringkali dicari oleh banyak orang untuk dijadikan takjil. Sebab tekstur kue ini lembut dan rasanya yang tidak terlalu manis. Sehingga, makan banyak pun tidak membuat mblenger. Biasanya kue apem disajikan beralas daun pisang atau daun pandan sehingga aromanya semakin wangi sedap.

2. Kue Lumpur
Makanan yang cocok buat takjil selanjutnya adalah kue lumpur. Kue ini sangat sering dijual ketika bulan puasa bersama jajanan pasar lainnya. Warnanya kuning cerah akan menggugah selera. Terlebih di atasnya ditambah dengan taburan kismis, sehingga kudapan manis ini sangat cocok dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

3. Kolak Pisang
Menu yang tidak boleh terlewat saat bulan Ramadhan tiba adalah kolak pisang. Aroma yang berasal dari santan, buah pisang, serta daun pandan berpadu sehingga menuntut bedug segera bertalu. Biasanya, jajanan ini juga dikombinasikan dengan singkong kuning, kolang-kaling, dan labu. Soal rasa, tentu saja menyegarkan dahaga setelah berpuasa seharian.

4. Martabak Tahu
Martabak selalu menjadi menu takjil yang dinanti. Meskipun memiliki cita rasa yang gurih dan asin, tapi tetap saja lezat ketika dinikmati selepas Magrib. Martabak tahu berisi tahu putih yang dipotong kotak-kotak serta dicampur dengan daun bawang, telur, dan sebagainya. Eits, kalau sudah mencicipi satu, jangan sampai kalap, ya!

5. Carabikang
Selain kue-kue yang sudah disebutkan tadi, carabikang juga jadi makanan yang cocok buat takjil untuk berbuka puasa. Carabikang dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, santan serta gula yang dimasak menggunakan cetakan khusus.

Carabikang mempunyai tampilan warna warni, bentuknya pun merekah sehingga terlihat cantik. Rasanya tak terlalu manis dan aromanya wangi semerbak, tak cukup hanya menikmati satu buah saja!

6. Gemblong Ketan Hitam
Gemblong adalah salah satu makanan yang cocok untuk takjil yang terbuat dari tepung ketan. Gemblong diuleni dengan kelapa parut, garam, dan santan. Selanjutnya dibentuk menjadi lonjong dan digoreng.

Uniknya, gemblong yang telah digoreng lantas dicelup ke dalam larutan gula pasir dan air. Gemblong kemudian ditiriskan sampai dingin serta lapisan gulanya mengeras seolah diselimuti salju. Rasa gemblong manis, gurih, dan legit.

7. Klepon
Makanan yang cocok buat takjil ini memiliki bentuk bulat. Klepon memiliki sensasi rasa yang unik. Ketika digigit, Anda akan merasakan gula merah yang pecah di mulut. Berpadu dengan kenyalnya kulit klepon yang berasal dari tepung ketan dan gurihnya parutan kelapa. Pokoknya, Anda tak cukup hanya mengonsumsi klepon satu biji saja!

8. Bika Ambon
Diantara sekian banyak makanan yang cocok buat takjil, bika ambon termasuk yang menjadi primadonanya. Bika ambon memiliki tekstur yang kasar serta berpori-pori besar. Sekilas hampir mirip seperti tekstur dari martabak manis. Meski begitu, saat dimakan bika ambon lebih lembut dan kenyal di mulut.

9. Lepet Jagung
Lepet jagung adalah makanan yang terbuat dari campuran jagung parut, ketan tumbuk kasar, vanili, garam, kelapa parut, gula pasir, dan santan. Adonan kemudian dibungkus menggunakan kulit pelepah jagung dan dikukus. Yang membuat makanan ini unik adalah bungkusnya yang out of the box. Terlebih rasanya juga enak yaitu manis, gurih, dan legit.

Itulah beberapa makanan yang cocok buat takjil. Mana favorit Anda?

Oleh: Kak Venicka AP.

Artikel Terkait

Tips Ramadhan 2838705360012515329

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun dan bermartabat.

emo-but-icon

Kabar Terbaru

item