Menu Sehat Untuk Sahur Bersama Keluarga di Bulan Puasa

Menu Sehat Untuk Sahur

Sahur adalah kali pertama atau makan pertama Anda sebelum melakukan aktivitas yang panjang selama bulan puasa. Sebagai makanan pertama maka bahan makanan yang dikonsumsi juga harus bisa memenuhi semua kebutuhan dari energi untuk seharian penuh. Lalu menu sehat untuk sahur seperti apa yang bisa Anda buat?

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis makanan yang bisa Anda buat, hanya saja diperlukan beberapa jenis bahan makanan sebelum dimasak sehingga bisa menyediakan sumber energi yang cukup selama Anda menjalankan ibadah puasa. Beberapa bahan yang bisa Anda pilih misalnya buah atau sayuran yang mana menyediakan serat cukup banyak. Serat sendiri berfungsi untuk menjaga Anda tetap kenyang selama puasa.

Lihat juga: Inspirasi Menu Sahur Praktis dan Mampu Menjaga Cairan Tubuh

Selain itu, Anda juga perlu memilih beberapa bahan makanan sebagai sumber karbohidrat seperti nasi, roti, mie, serta kentang. Makanan sumber karbohidrat bisa membantu Anda menyediakan energi untuk melakukan aktivitas seharian. Sumber protein seperti daging, telur, ayam, ikan, dan susu juga bisa membantu memperbaiki serta membangun jaringan pada tubuh. Di bawah ini ada menu sehat untuk sahur.

1. Roti Sandwich dan Susu
Jenis menu sahur pertama yang bisa Anda pilih adalah Roti Sandwich dan Susu. Dalam hal ini Anda tidak perlu asal dalam memilih ya. Usahakan untuk memilih roti jenis gandum agar kandungan serat dalam roti nantinya bisa dengan mudah masuk ke tubuh.

Selain serta Anda juga perlu sumber protein yang mana bisa didapatkan dengan menambahkan sosis atau telur. Lalu, sebagai sumber vitamin serta mineral, Anda pun bisa menambahkan sayur selada, timun, serta tomat.

Susu dapat dijadikan minuman kala menikmati sajian ini supaya semua nutrisi yang nantinya akan dapatkan pun lebih lengkap. Apabila beberapa menu tersebut belum membuat kenyang, Anda pun dapat makan buah, misalnya buah pisang, buah apel, buah mangga, dan buah lainnya setelah makan roti.

2. Mie Goreng Sayuran

Mie pada dasarnya menjadi salah satu sumber kandungan karbohidrat. Apabila ingin lebih sehat, maka mie bisa dimasak dengan berbagai macam sayuran, misalnya sayur sawi, sayur kol, atau wortel.

Jika ingin sajian menu sehat untuk sahur yang berbeda maka Anda pun juga dapat menambahkannya masakan mie dengan aneka macam lauk seperti bakso, sosis, telur, ayam yang disuwir, atau seafood sebagai sumber dari kandungan protein di masakan Anda. Ini akan jadi menu sahur sehat dan juga bernutrisi lengkap.

3. Oatmeal Campuran Sayuran serta Buah
Oatmeal mungkin saja tidak cukup untuk Anda. Ini adalah sumber karbohidrat yang kompleks. Apabila Anda ingin yang lebih sehat, maka bisa mencampur oatmeal dengan sayuran serta sumber protein.

Anda bisa menambahkan brokoli, wortel, serta jagung, maupun sayuran lainnya yang sudah direbus maupun ditumis. Tambahkan pula ayam, daging, maupun telur untuk sumber protein.. Pasti hal ini akan jadi hidangan yang lezat sekaligus sehat.

Anda pun juga bisa membuat oatmeal yang dicampur dengan buah-buahan serta yogurt dan madu sebagai menu sehat untuk sahur. Terutama untuk Anda yang ngaku suka makan oatmeal rasa manis. Segelas susu pun dapat menjadi pelengkap menu oatmeal Anda.

4. Salad Sehat
Untuk menu sahur yang selanjutnya dan pastinya sehat salad juga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif praktis. Agar salad Anda cukup memenuhi semua kebutuhan gizi, maka pastikan jika salad tersebut memenuhi unsur seperti karbohidrat, lemak, protein vitamin, dan mineral.

Itu dia beberapa menu sehat untuk sahur yang bisa Anda hidangkan untuk keluarga. Di bulan yang penuh berkah ini tentunya Anda ingin bukan jika semuanya berjalan lancar? Oleh sebab itu jangan lupa pilih beberapa menu di atas sebagai makanan terbaik untuk sahur.

Oleh: Kak Venicka AP

Artikel Terkait

Tips Ramadhan 3002016142205799698

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun dan bermartabat.

emo-but-icon

Kabar Terbaru

item