Peran Santri Nahdlatul Wathan dalam Perkembangan Organisasi Nahdlatul Wathan Via Media Sosial

nw

Oleh: Fadly R. Siddiq

Organisai Nahdlatul Wathan adalah sebuah organisasi terbesar di Nusa Tenggara Barat (NTB).   Tepat di sebuah pulau kecil yakni pulau Lombok. Orang orang biasa menjulukinya Pulau Seribu Masjid. Karena hampir di setiap desa  pasti terdapat sebuah masjid di sana.

Organisasi Nahdlatul Wathan telah berhasil menyelamatkan penduduk Lombok dari kebodohan. Perkembangan ilmu pengetahuan di Pulau Lombok, wabil khusus di bidang agama sangatlah pesat. Ini terlihat dari para santri santriawatinya yang banyak berprestasi di bidang ilmu agama. Seperti, berhasil mengkhotamkan Al-Quran, pandai dalam berbahasa Arab, dan masih banyak lagi prestasi prestasi yang di raih oleh santri santriwati Nahdlatul Wathan. Selain ilmu agama banyak juga yang mahir dalam ilmu lainya. Seperti komputer, ekonomi, dan bahasa Inggris. Ini terlihat dari salah satu santri yang berhasil menciptakan sejarah baru dalam memperluaskan organisasi Nandlatul Wathan malalui sosial media yakni lahirnya akun resmi Nahdlatul Wathan yang bernama NW ONLNE yang siap membantu perjuangan. Tentu dengan itu semua maka perjuangan Nahdlatul Wathan akan lebih gampang. para santri justru akan lebih mudah dalam mentakmirkan dan menyebarluaskan organisasi Nahdlatul Wathan beserta ajaranya di tingkat nasional maupun internasional. Dengan social media seperti FACEBOOK, TWITTER, dan WHATSAPP tentu para santri akan semakin mudah dalam berdakwah, baik itu berbentuk tulisan ataupun video untuk mengembangkan organisasi NAHDLATUL WATHAN

Dalam prestasi-prestasi tersebut dapat di simpulkan bahwa peran santri dalam mengembangkan organisasi  Nahdlatul Wathan melalui sosial media sangatlah penting dalam menyebar luaskan organisasi Nahdlatul Wathan di tingkat nasional maupun internasional.

Organisasi Nahdlatul Wathan harus mempunyai ujung tombak yang handal untuk menyebarluaskan Nahdlatul Wathan dan Santrilah jawabanya. Santri yang luas akan wawasan dan santri yang mempunyai sekil yang mempuni, salah satunya pandai dalam bersosial media.  Karena harapan sebuah organisasi adalah terletak pada generasinya yakni santrinya. Jadi santri yang berprestasi dan iklas dalam berjuang adalah aset terbesar bagi sebuah organisasi, salah satunya organisasi Nahdlatul Wathan.

Untuk mengembangkan sebuah organisasi besar seperti Nahdlatul Wathan tidaklah mudah dan jangan sampai berpatokan sama hal yang satu. Misalnya hanya berpatokan sama prestasi ilmu agama. Santri Nahdlatul Wathan harus berani mencoba berbagai bidang  dan berani keluar untuk untuk menyebarluaskan organisasi Nahdlatul Wathan di berbagai bidang dengan mengadalkan yakin, ikhlas, dan istiqomah. Itu yang harus di tanamkan seorang santri dalam berjuang. Hanya dengan modal tersebut semangat selalu membara dalam menyebarkan organisasi Nahdlatul Wathan melalui santri santriawatinya dengan keahlian masing-masing salah satunya dengan sosial media.

Berikut beberapa peran Sosial Media dalam mengembangkan organisasi nahdlatulwathan, antara lain:

A. Sebagai Penyampai Informasi yang Efektif
Media dapat membantu para santri untuk menyampikan informasi dengan lebih efektif.

B. Menjadikan Informasi Lebih Kreatif.
Dengan media social bisa membuat informasi yang di sebarkan oleh santri menjadi lebih menarik. Caranya adalah dengan membuatnya berbeda dengan apa yang sudah ada secara umum.

C. Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat
Santri memiliki tugas utama untuk membuat para pengguna social media atau masyarakat tertarik kepada informasi mengenai organisasi Nahdlatul Wathan.

D. Menyampaikan Informasi Secara Lebih Luas
Dengan media para santri lebih leluasa menyebarkan informasi organisasi Nahdlatul Wathan dalam skala luas. Sehingga penyebaran informasi juga akan lebih luas. Tentu akan mempermudah dalam perjuangan santri untuk Nahdlatul Wathan.

E. Forum Promosi Paling Praktis
Dengan social media para santri dapat mempromisikan atau menonjolkan program unggulan organisasi Nahdlatul Wathan.
LihatTutupKomentar